Anggota DPR RI Kunker ke Asrama Haji, Begini Tujuannya

Anggota DPR RI Kunker ke Asrama Haji, Begini Tujuannya

110
BERBAGI
Aliyah Mustika Ilham saat mengamati data penyelenggaraan kesehatan haji.

PANTAUDESA.COM, MAKASSAR—Anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham bersama rombongan tim panja kesehatan haji melakukan kunjungan kerja (kuker) ke Asrama Haji, Kec. Biringkanaya, Makassar, Senin 21 Agustus 2017.

Kunjungan tersebut guna memastikan seluruh rangkaian penyelenggaraan kesehatan haji dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan, sekaligus melakukan pengawasan kebijakan terhadap calon jemaah haji penderita penyakit kronis dan kondisi resiko tinggi (risti).

“Banyak laporan masuk ke kami, termasuk laporan calon jemaah yang memaksakan ingin pergi haji sementara mengalami masalah kesehatan yang beresiko tinggi, makanya kami datang mau cari tahu kondisi sebenarnya,” kata Aliyah.

Dalam kunjungan tersebut, Aliyah berharap agar segala bentuk pelayanan terkhusus kesehatan diberikan dengan maksimal oleh petugas kesehatan atau petugas haji dalam melayani tamu Allah.

Ketua rombongan kuker komisi IX, Syamsul Bachri, mengatakan tim panja kesehatan haji dibagi atas tiga kolompok dan serentak melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia.

Hasil dari kunjungan akan menjadi landasan terhadap perbaikan sistem penyelenggaraan kesehatan haji.

“Akan jadi masukan untuk pemerintah dalam memperbaiki kinerja dan pengawasan terhadap pelayanan haji Indonesia,” katanya.

Berdasarkan data, ada 11 anggota DPR RI yang tergabung dalam tim kuker di embarkasi haji Makassar. Setelah melakukan dialog bersama Dinas Kesehatan Sulsel, Kanwil Kementrian Agama Sulsel dan Divisi regional IX BPJS Kesehatan, rombongan kemudian berkeliling melihat fasilitas alat dan ruang kesehatan asrama haji.

(*/pantaudesa)