Ingin Dapatkan Tambahan Dana Desa 2018, Ini Yang Perlu Kades Laksanakan

Ingin Dapatkan Tambahan Dana Desa 2018, Ini Yang Perlu Kades Laksanakan

189
BERBAGI
Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo saat di Kab. Wonogiri, Jawa Tengah. Sabtu, 8 Juli 2017. (kemendesa.go.id)

PANTAUDESA.COM, WONOGIRI—Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo meminta kepada seluruh kepala desa (Kades) segera melaksanakan empat program prioritas kementerian desa dalam memanfaatkan penggunaan dana desa tahun 2017.

Permintaan tersebut disampaikan Mendes PDTT di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah untuk menghindari ketidakadanya penambahan dana desa 2018 mendatang bagi desa yang tidak melaksanakan program prioritas kementerian yakni penerapkan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), pembangunan embung, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membangun sarana olahraga desa.

“Pemerintah pusat akan memberikan insentif dengan melipatgandakan dana desanya tahun depan kalau 4 program itu dilaksanakan. Jadi, tahun depan dana desa akan meningkat dua kali lipat. Desa akan turut mendapatkan penambahan dana desa tapi dengan catatan kalau program prioritas kementerian dilaksanakan,” kata Eko Putro Sandjojo, Mendes PDTT seperti dikutip kemendesa.go.id, Sabtu 8 Juli 2017.

Disampaikan, 2018 mendatang dana desa akan meningkat menjadi Rp120 triliun dari Rp60 triliun pada 2017. Menurut Eko, empat program prioritas telah dirancang untuk membantu pertumbuhan perekonomian di pedesaan. Sehingga diharapkan dalam kurung waktu kurang dari dua tahun, sudah tidak ada lagi desa tertinggal.

EDITOR: AHWAL AHMAD
SUMBER: KEMENDESA.GO.ID