KADES MINTA PEMDA BONE TARIK RANDIS YANG DIKUASAI MANTAN KADES

KADES MINTA PEMDA BONE TARIK RANDIS YANG DIKUASAI MANTAN KADES

58
BERBAGI

PANTAUDESA.COM, WATAMPOE—Hingga kini masih banyak mantan kepala desa (Kades) yang menguasai kendaraan dinas (randis) berupa sepeda motor, namun pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Bone Provensi Sulawesi Selatan belum berani menariknya.

Saran untuk Pemda Bone agar menarik randis tersebut disampaikan Kepala Desa Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone, H. Bahar saat mengikuti pelatihan aparatur pemerintah desa dalam bidang manajemen yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Bone di salah satu hotel di Jl. Jend. Ahmad Yani Kabupaten Bone, Rabu malam 23 Maret 2016.

“Masih banyak motor dinas yang dikuasai mantan kades, Pemda Bone seharusnya melakukan penarikan karena motor itu merupakan salah satu aset desa,” kata H. Bahar dalam sesi tanya jawab dalam pelatihan tersebut.

Kepala Bagian Pemerintah Desa (Kabag Pemdas), Andi Haidar yang hadir membawakan materi menjelaskan bahwa hingga saat ini Pemda Bone belum memiliki regulasi yakni Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang pengelolaan dan pemanfaatan aset-aset desa. Lantaran kata itu pihak Pemda Bone belum bisa melakukan penarikan.

Dikatakannya, hal tersebut berbeda dengan instansi dalam lingkup Pemda Bone yang sudah memiliki Perda terkait aset instansi. “Kedepannya saya kira Pemda Bone akan mengatur hal tersebut dengan Perda sehingga dapat dilakukan penarikan aset desa. Berbeda dengan aset Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sudah ada Perdanya terkait aset, sehingga sudah banyak randis yang ditarik dari instansi lingkup Pemda Bone,” jelas Andi Haidar.

EDITOR: AHWAL AHMAD
REPORTER: SUPARMAN