P3MD Bone Bentuk Tim 12 Untuk Perkuat KPMD dan BPD

P3MD Bone Bentuk Tim 12 Untuk Perkuat KPMD dan BPD

327
BERBAGI

PANTAUDESA.COM, WATAMPONE – Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bone menggelar rapat terbatas dengan Tim 12 yang terbentuk sejak bulan April 2018 yang lalu, di Soul Coffee Cafe & Resto, Ahad (malam senin, red) 20 Mei 2018.

Rapat yang dipimpin oleh Fadli, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA. PMD) Kabupaten Bone mendorong agar Tim 12 merumuskan langkah strategis penguatan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“saya mendapatkan fakta dilapangan bahwa penyebab utama seringnya terjadi dugaan penyalahgunaan Dana Desa di Kab. Bone adalah lemahnya Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), akibatnya Kader Pemberdayaan tidak berperan maksimal dalam mengawal perencanaan pembangunan desa, begitupun BPD tidak optimal dalam penyelenggaraan musyawarah desa dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan di desa. oleh karena itu saya minta kepada tim 12 ini untuk membantu saya memikirkan langkah-langkah strategis penguatan KPMD dan BPD.” terang fadli saat memimpin rapat dimaksud

Dalam rapat tersebut, selain membahas konsep penguatan kader dan BPD juga dibahas soal rancangan peraturan Bupati tentang KPMD dan BPD.

“iya kami bersama Tim 12 juga membedah draft Peraturan Bupati tentang KPMD dan Perubahan perbup tengan BPD karena sudah tidak relepan dengan situasi desa saat ini yang banyak disupport dengan regulasi baru. semenatra perbup BPD di Bone itu dikeluarkan pada tahun 2007,”. tutup fadli.

Adapun Tim 12 yang hadir adalah, Asmarjun (PDP Cina), Hasbullah (PDP Ulaweng), Rusdi (PDP Amali), Irfan Rahim (PDP Salomekko), Irfan Satria (PDTI SibuluE), Ahmad N Ihsan (PDP Tellu LimpoE), A. Fadli Lura (PDP Kec. Kahu), Muh. Yusuf (PDP Awangpone), Tahir (PDP Palakka), dan Subhan (PDTI Kajuara). dua yang tidak hadir adalah Novianty (PDP Barebbo dan Kasriani (PDP Dua Boccoe).

dikabarkan bahwa rapat tim 12 itu menghasilkan draft perbup tentang KPMD dan BPD

iya kita punya draft perbup tentang KPMD dan BPD yang siap kita rekomendasikan kedinas terkait. tutup A, Fadli Lura, salah satu Tim 12 dari Kec. Kahu.

Julham