Sekolah Bugis Lamellong Angkatan VII Resmi Dibuka

Sekolah Bugis Lamellong Angkatan VII Resmi Dibuka

155
BERBAGI
embina Yayasan Sulapa' Eppae, Dr.H. Ajiep Padindang SE, MM saat memberikan arahannya dalam kegiatan Pembukaan Sekolah Bugis Sulapa Eppae, Sabtu 5 Agustus 2017.

PANTAUDESA.COM, WATAMPONE—Sekolah Bugis Lamellong Yayasan Sulapa’ Eppa’E Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang digagas Senator Dr.H. Ajiep Padindang SE, MM mulai dibuka, Sabtu 5 Agustus 2017.

Dalam pengarahannya, Pembina Yayasan Sulapa’ Eppae yang juga merupakan anggota DPD RI ini menjelaskan para peserta akan dibimbing dan mendapat arahan dari narasumber atau disebut ‘areguru’ yang merupakan tokoh-tokoh budaya dan adat Bone yang akan memberikan materi lalu dikembangkan melalui diskusi.

“Selain itu, diakhir waktu peserta akan belajar terkait budaya Bugis dengan mengunjungi situs atau peninggalan-peninggalan Bugis. Tempatnya sendiri akan ditentukan peserta itu sendiri,” kata Ajiep.

Diakuinya, peserta dalam setiap angkatan berjumlah 35 hingga 40 orang, bahkan bisa mencapai 70 orang peserta. Pada angkatan VII ini, para peserta kata dia terdiri dari para guru.

Dimana menurunya, guru-guru sebagai tenaga pendidik memiliki peran penting dalam keberlangsungan pengetahuan terkait budaya Bugis itu sendiri. Apalagi diera global saat ini sangat mempengaruhi terkikisnya budaya-budaya Bugis sehingga jati diri sebagai orang Bugis juga terkikis. Hadirnya sekolah Bugis ini menjadi jawaban untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Bugis itu sendiri.

“Kami juga berharap Pemerintah Daerah melalui Kadis Pendidikan dan Kadis Kebudayaan terus mendukung usaha kami,” pintanya dihadapan Kadis Pendidikan Kabupaten Bone, Drs.H. Rosalim Hab. S.Sos, M.Si dan Kadis Kebudayaan Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi yang turut hadir dalam kegiatan Pembukaan Sekolah Bugis Lamellong.

Dari informasi yang dihimpun pantaudesa.com, peserta Sekolah Bugis Lamellong kali ini berasal dari Kecamatan Sibulue, Barebbo, Cina, Ponre dan Mare.

EDITOR: AHWAL AHMAD
REPORTER: AKMAL