Serius, Mendes PDTT Kumpulkan 13 Bupati Bahas Pengembangan Produk Unggulan Desa

Serius, Mendes PDTT Kumpulkan 13 Bupati Bahas Pengembangan Produk Unggulan Desa

143
BERBAGI
Mendes PDTT, Eko Eko Putro Sandjojo saat melakukan pertemuan bersama 13 bupati. Kamis 27 April 2017. (kemendesa.go.id)

PANTAUDESA.COM, JAKARTA—Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengumpulkan 13 Bupati di Jakarta, Kamis (27/4/2017) guna membahas pengembangan potensi produk unggulan desa.

“Ini baru awal yang dihadiri 13 Bupati. Minggu depan saya akan mengundang lagi 8 Bupati. Kita bicarakan potensi desa sekaligus menginventarisasi apa-apa saja yang dimiliki oleh desa,” ujar Menteri Eko usai menggelar pertemuan dengan para bupati, seperti dikutip kemendesa.go.id.

Selain bupati, Mendes PDTT juga rencananya juga akan mengajak pelaku usaha milik negara maupun swasta, perbankan dan sektor bisnis lainnya yang memiliki ketertarikan dalam pembangunan pedesaan.

Menurutnya, pertemuan seperti ini merupakan momen penting untuk mendekatkan produk-produk pedesaan dengan pasar dikarenakan setiap desa di kabupaten memiliki potensi unggulan, namun minim pemasarannya. Lantaran itu, pihaknya mengaku akan fasilitasi daerah melalui pertemuan-pertemuan seperti itu.

Tak hanya itu, pertemuin ini juga dimanfaatkan Eko Putro Sandjojo sebagai ajang mengonsolidasikan dan mempercepat implementasi empat program prioritas yang sudah ditetapkan Kemendes PDTT, yakni penentuan produk unggulan desa/produk unggulan kawasan perdesaan (Prudes/Prukades), mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa (Raga Desa).

“Dengan adanya pertemuan ini, harapannya kami bisa terus memonitor percepatan pengentasan desa tertinggal untuk naik menjadi desa maju dan mandiri,” ungkapnya.

EDITOR: AHWAL AHMAD
SUMBER: KEMENDESA.GO.ID