Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Sulsel Sambangi Puskesmas Ulaweng Bone

Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Sulsel Sambangi Puskesmas Ulaweng Bone

206
BERBAGI
Tim Penilai Puskesmas Berprestasi didampingi Kadinkes Bone melihat Taman Bugis dihalaman Puskesmas Ulaweng. Selasa, 29 Agustus 2017.

PANTAUDESA.COM, ULAWENG—Tim Penilai Puskesmas Berprestasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kunjungi UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ulaweng Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa 29 Agustus 2017.

Rombongan tim penilai disambut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bone didampingi Camat Ulaweng, Danramil 1407-05/Ulaweng, Kapolsek Ulaweng serta Kades se-Kecamatan Ulaweng.

Dalam sambutannya Kadinkes Bone, dr.Hj Andi Kasma Padjalangi menuturkan UPTD Puskesmas Ulaweng telah terakreditasi madia. Dimana kata dia, Puskesmas Ulaweng telah banyak melakukan pembenahan sehingga hal tersebut dapat dicapai.

“Akreditasi adalah ukuran standar maksimal bagi pelayanan di Puskesmas. Ini merupakan kewajiban yang harus dan wajib dijalankan disetiap puskesmas,” ungkapnya.

Salah satu yang menjadi perhatian yakni Taman Bugis (bunga dan gizi) kini menghiasi halaman Puskesmas Ulaweng. Hal ini kata dia merupakan upaya promosi dan sosialisasi agar masyarakat turut melakukan hal yang sama dihalaman rumah masing-masing.

“Promosi kesehatan harus sering dilakukan. Pada halaman puskesmas ini ada Taman Bugis (bunga dan gizi). Nila gizi sayuran lebih baik saat masih segar,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Puskesmas Berprestasi Sulsel, dr. Ribut Pancha Rochana menerangkan akreditasi bukan ukuran prestasi. Tapi merupakan kewajiban petugas sehari-hari dalam memberikan pelayanan yang didukung stake holder pada setiap daerah.

“Dari 500 puskesmas di Sulawesi Selatan keluhan pertama masyarakat itu bukan pada peralatan, namun pada pelayanan petugas kesehatan,” katanya.

(IJAL/AHWAL AHMAD)